Headlines News :

Satrya Yudha Wibowo dan Komunitas Sahabat Hijau Gelar Buka Puasa Bersama

Written By PKS Deli Serdang on Rabu, 31 Juli 2013 | 7/31/2013



Medan - Komunitas Sahabat Hijau mengadakan buka puasa bersama anggota dan masyarakat di Jalan Medan Batang Kuis, Gang Restu , Desa Bandar Kliffa , Kecamatan Percut Sei Tuan , Kabupaten Deliserdang , Selasa ( 30/7).

Hadir dalam acara buka puasa bersama, Calon Wakil Bupati Deli Serdang, Satria Yuda Wibowo , caleg DPRD Deli Serdang, Darwis Sag, caleg DPRD Deliserdang Taufik Abbdullah ST, Anggota DPR RI asal Sumut satu , Muhammad Idris Luthfi Rambe, Ketua NU Medan, Ahmad Firdausi Hutasuhut  serta tokoh masyarakat yang ada di Medan maupun Deli Serdang .

Pendiri Komunitas Sahabat Hijau , Purna Irawan mengatakan, kegiatan buka puasa bersama ini dalam rangka silaturahim dan mempertebal iman serta meningkatkan taqwa bagi anggota Komunitas dan masyarakat selama bulan Ramadan. Acara ini juga dirangkai dengan meresmikan Komunitas Sahabat Hijau . “ Ini bagian dari menyambung silaturahmi, yang selama ini sebenarnya sudah terbangun. Melalui momen Ramadan ini, kita harus berbagi,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, buka puasa bersama komunitas ini merupakan yang pertama kalinya . Karena, Komunitas baru terbentuk pada November 2012, namun peresmiannya baru bisa dilakukan sekarang.

Calon Wakil Bupati Deli Serdang, Satria Yuda Wibowo yang didampingi caleg DPRD Deli Serdang, Darwis Sag menyambut baik hadirnya komunitas ini . Karena , selain dapat menyelamatkan bumi dari bahaya global warming yang kita rasakan saat ini , juga memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

” Dalam sebuah hadist nabi menyatakan sekiranya besok kiamat dan ditanganmu ada biji tanaman maka tanamlah. Padahal jika dikaji hari kiamat itu masih lama bisa tahunan bahkan ribuan tahun lagi tapi kenapa kita belum menanam. Jadi mari kita menanam pohon ,sebab pohon adalah penghasil oksigen terbanyak ,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar komunitas ini agar menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat akan sadar dan peduli terhadap penyelamatan lingkungan demi keberlangsungan hidup manusia menjadi lebih baik.

Sementara itu, Ketua NU Medan Ahmad Firdausi Hutasuhut menyambut positif hadirnya komunitas ini . Karena, selain dapat menghijaukan bumi, juga dapat melindungi tanaman dan pohon dari oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. ” Komunitas ini juga sebagai penunjang perekonomian, karena hal ini bukan saja memiliki satu tujuan , karena pohon yang ditanam dan menghasilkan buat dapat dijual dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat,” ujarnya.

Dirinya berharap , komunitas ini jangan hanya sebatas buka bersama ini saja, namun juga dapat berlanjut hingga kedepannya. ” Komunitas ini juga diharapkan dapat bersinergi dengan pecinta lingkungan dan komunitas lingkungan lainnya , agar bumi kita dapat terselamatkan ,” ujarnya.


Caleg DPRD Deliserdang Taufik Abbdullah ST mngatakan, banyak orang yang berpikir mengambil untung dengan menebang pohon untuk mempergunakan kayunya. Padahal manfaatya untuk kehidupan hanya untuk keindahan isi rumah. ” Dengan adanya komunitas sahabat hijau sangat bermanfaat untuk diambil hasil buahnya dan dapat diwariskan keanak cucu serta mengurangi dampak dari global warming yang kita rasakan saat ini,” ujarnya.  (SA-01)

via*http://sumutaktual.co/2013/07/30/komunitas-sahabat-hijau-gelar-guka-bersama-masyarakat/

Satrya Yudha Wibowo Buka Bersama Kader PKS Galang dan Tokoh Masyarakat

Written By PKS Deli Serdang on Minggu, 28 Juli 2013 | 7/28/2013



Galang (27/7) Satrya Yudha Wibowo menghadiri buka bersama DPC PKS Galang dengan Tokoh masyarakat. Bertempat di Desa Tanjung Gusti, acara ini bertujuan untuk menguatkan silaturahim antara kader yang dalam kesempatan ini kompak memberikan dukungan kepada Satrya untuk menjadi Calon Wakil Bupati pada Pemilukada 23 Oktober mendatang.

Dalam sambutannya Satrya menggambaran sedikit tentang program program yang telah disusun bersama Idris  “Semua program yang kami buat Insya Allah menguatkan keberpihakan pada Masyarakat, mulai dari pelayanan masyarakat hingga infrastruktur yang selama ini sangat memprihatinkan untuk ukuran kabupaten sebesar Deli Serdang”, ujar Satrya.

Seementara itu perwakilan dari Tokoh Masyarakat yang hadir, Ustadz Daiman dalam sambutannya mengatakan, “Masyarakat yang sudah terlanjur cinta dengan PKS karena kesalihan kadernya, semoga semakin cinta lagi dengan prestasi prestasi yang dibuat lewat kepemimpinannya”. Katanya. 

Acara buka bersama dirangkai dengan Shalat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama, diakhiri dengan pemutaran video “Behind The Scene Suksesor GANTENG di Galang” yang dibuat Tim Humas DPC. *Humas DPC

Idris Satrya Memansakan Mesin Mesin Partai Lewat Konsolidasi




PKS Deli Serdang - Muhammad Hafez ketua DPW PKS Sumut membersamai konsolidasi kader DPD PKS Deli Serdang di Aula YBS Medan (28/7). Hal ini dalam rangka pemanasan mesin mesin partai untuk memenangkan pasangan Muhamad Idris dan Satrya Yudha Wibowo yang akan mengikuti pemilukada  23 Oktober nanti.

Dalam taujih yang disampaikan, Hafez kembali megingatkan urgensi kerja kerja kader sebagai mesin partai adalah menjadi seorang Da'i. "Jadilah kita semua orang yang senantiasa di rindukan kahadirannya di tengah masyarakat, itulah seorang Da'i yang ketika dia ada, maka kehadirannya akan membawa manfaat bagi orang di sekitarnya". ujar Hafez.

Heriansyah selaku Wakil ketua umum DPW juga menyampaikan sambutannya "Kita mengusung orang yang bisa melihat Deli Serdang dari berbagai sisi, dan saya yakin Idris - Satrya akan mampu bekerja dalam Harmoni untuk kesejahteraan masyarakat Deli Serdang". lalu sambungnya "Pemimpin yang baik adalah yang bisa membagi sudut pandang dalam mengambil kebijakan, pak Idris ini mampu melihat Deli Serdang dari atas, karena dia adalah Angkatan udara" canda Heriansyah.

Acara ini dihadiri struktur DPD, Tim pemenangan pasangan BISA dan beberapa Anggota legislatif DPRD Deli Serdang Fraksi PKS. 300 kader memadati aula, sampai banyak yang harus lesehan di lantai karena tidak kebagian tempat duduk.


Fhoto : Al Kautsar/ Humas DPD

Inilah Pasangan yang Mendaftar ke KPUD Deli Serdang untuk Pemilukada 2013

Written By PKS Deli Serdang on Jumat, 26 Juli 2013 | 7/26/2013



Deli Serdang - Sebanyak 11 Pasangan resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang Periode 2013-2018. kesebelas Pasangan tersebut berasal dari Jalur Perseorangan dan Jalur Partai politik yang mendaftar hingga hari terakhir pada Senin  22 Juli 2013 di Kantor KPUD Deli Serdang yang terletak di Jalan Karya Jasa No 8 Lubuk Pakam - Sumatera Utara.

Dan nama nama calon Bupati dan calon wakil Bupati tersebut adalah :

Sudiono (Praka) dan  Haris Binar Ginting
Jalur Independen

Musdalifah  dan Syaiful Syafri   
Jalur Independen

Harun Nuh dan Bambang Hermanto                                                                                   
Jalur Independen

Rabu Alam dan Purnama Ginting                                                                                           
Jalur Independen

Eddy Azwar dan Selamat    
Jalur Independen
                                                                                                          
Sihabuddin dan Nemaken Tarigan                                                                                            
Jalur Independen

Muhamad Idris dan Satrya Yudha Wibowo                                                               (Partai Keadilan Sejahtera, Hanura, PPI, PMB, Barnas, P.Merdeka, P.Buruh,  PPDI, PSI, PPNU, PPN, PPPI)

Azhari Tambunan dan Zainuddin Mars                                                                         (PAN, PKB, PBB, dan Gerindra)

Fatmawati dan Subandi                                                                                                       (Partai Demokrat)

T.Ahmad Thala’a dan Hardi Mulyono                                                                         (GOLKAR, PPP, P.Patriot, PNI Marheinisme, PKPB, Pelopor, PIS, dan PPI)

Timbangen Ginting dan Parningotan Sembiring                                                         (PDI perjuangan, PPRN, PDK, PKPI, P.Republika, Pakar Pangan, PDP, PNI Marheinisme, PNBKI, P.Matahari Bangsa, PPPI, PIS, P.Buruh, P.Kedaulatan, PKDI, dan PDS)

Selanjutnya KPU Deli Serdang Akan Melaksanakan Tahapan Pemeriksaan Kesehatan yang dilakukan Pada Hari Rabu tanggal 24 Juli 2013 sampai dengan tanggal 25 Juli 2013. Beberapa TIM yang dibentuk dari KPU Deli Serdang juga mulai melakukan Tahapan Verifikasi Faktual Menyangkut Seluruh Berkas Pencalonan Calon Bupati dan Wakil Bupati seperti Riwayat Pendidikan, Berkas Dukungan Partai dan sebagainya.


Fhoto : Muhammad Aulia Rahman

Idris – Satrya Mendaftar ke KPUD Deli Serdang

Written By PKS Deli Serdang on Minggu, 21 Juli 2013 | 7/21/2013


PKS Deli Serdang  - Muhammad Idris dan Satria Yudha Wibowo resmi mendaftarakan diri ke KPUD Deli Serdang sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Deli Serdang periode 2014 – 2019, ahad (21/7/2013).  Pasangan yang diusung PKS dan Hanura serta beberapa partai non parlemen ini mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Calon wakil bupati pada pukul 14.00 WIB di Kantor KPUD yang terletak di Lubuk Pakam tersebut.

"Si Anak Kebon" sapaan akrab Muhammad Idris dan satrya datang bersama kader dan simpatisan partai pendukung dan sejumlah tokoh masyarakat Deli Serdang. Meski cuaca sedang panas terik dan sedang berpuasa, pendukung tetap bersemangat untuk mengantarkan pasangan ini untuk mendaftar.


Tim dari KPU yang dipimpin Mohammad Yusri kemudian memeriksa berkas berkas persyaratan kedua calon. Semua persyaratan sudah lengkap dan tinggal menunggu penetapan nomer urut pasangan calon. Pemilukada Deli Serdang akan dilaksanakan pada 23 Oktober tahun ini. Dan menyisakan 2 hari lagi bagi pasangan lain untuk mendaftarkan diri.

Fhoto : Muhammad Aulia Rahman 

PKS Deli Serdang Gelar Silaturahim Buka Puasa Bersama Kader dan Cabup-Cawabup


  
PKS Deli Serdang Online - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Deli Kabupaten Serdang menyelenggarakan acara silaturahim sekaligus berbuka puasa bersama Kader di Garuda Plaza Hotel Jl. Sisingamangaraja Medan, Jum'at (19/7/2013).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Calon Bupati - Calon Wakil Bupati yang diusung PKS pada Pemilukada Deli Serdang beserta istri masing-masing, Muhamad Idris, S.Sos dan H. Satrya Yudha Wibowo, ST, MM yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Umum DPW PKS Sumut.

Ketua DPD PKS Deli Serdang, H. Mara Jaksa Harahap, MA dalam sambutannya menyatakan bahwa pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka menyamakan persepsi dan langkah untuk persiapan pemenangan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang yang digelar Oktober 2013. Menurut Mara Jaksa seluruh Kader PKS siap memenangkan pasangan yang akan diusung ini dengan taglinenya DELI SERDANG 'BISA', Bersama Idris Satrya.

Dalam pertemuan tersebut selain diselenggarakan acara berbuka puasa bersama, sebelumnya seluruh kader diberikan penjelasan mengenai proses pelaksanaan pemilukada Deli Serdang oleh H. Syaiful Tanjung, S.Sos sebagai Ketua Tim Pemenangan yang saat ini juga sebagai Ketua Fraksi PKS Deli Serdang. Menurut Syaiful seluruh kader diharapkan dapat membantu cabang dan ranting secara penuh untuk memenangkan Pasangan BISA ini.
 
“Hal yang paling penting yang harus menjadi perhatian kader adalah bahwa tidak ada calon bupati incumben yang ikut pemilukada sehingga ini menjadi peluang besar bagi Pasangan BISA!!” tegas Syaiful.

Calon Bupati yang diusung, Muhamad Idris, Sos dalam sambutannya menyampaikan kebanggannya kepada segenap Kader PKS yang hadir. Idris menyatakan bahwa dukungan penuh dan soliditas dari segenap fungsionaris dan kader yang membuatnya memilih PKS sebagai perahu utamanya. “Saya bangga bisa berdiri dan berjalan bersama PKS dan kita siap memenangkan pemilukada ini” ungkap Idris.


Acara diakhiri dengan berbuka puasa bersama dan dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah.

Pembunuh 99 orang | Taujih Menteri Kominfo Tifatul Sembiring

Written By PKS Deli Serdang on Sabtu, 20 Juli 2013 | 7/20/2013

"Katakanlah, hai hamba-hambaKu yang telah melampaui batas (berdosa), janganlah putus asa terhadap rahmat Allah. Sesungguhnya Allah swt. mengampuni segala dosa, sungguh Dia Maha Pengampun dan Penyayang" QS Az-Zumar: 53.

Dalam hadits riwayat Bukharie & Muslim, dikisahkan seorang Bani Israil telah membunuh 99 orang, kemudian ingin bertaubat. Dia mencari tempat bertanya, lalu berjumpa seorang abid, ahli ibadah.

Pembunuh ini bertanya, "Aku telah membunuh 99 orang, tapi aku ingin bertaubat. Apakah taubatku akan diterima?". Sang abid menjawab, "Tidak bisa !". Lantas abid itu dibunuhnya pula, maka dia telah membunuh genap 100 orang.

Lalu pembunuh ini masih mencari tempat bertanya, dan berjumpalah dengan seorang alim. Pembunuh itu bertanya, "Aku sudah membunuh 100 orang, tapi aku ingin bertaubat. Apakah taubatku akan diterima".

Orang alim itu menjawab,"Oh, tentu diterima".

Lantas orang alim itu memberi tahu, kalau si pembunuh itu ingin sungguh-sungguh taubat, maka ia harus pindah dari daerah ini, karena. masyarakatnya berperangai sangat buruk.

"Pergilah ke negeri anu, disana banyak orang beribadah, ikutilah mereka". Maka si pembunuh 100 orang itupun pergi.



Tiba-tiba orang itu meninggal di tengah perjalanan, lalu berebutlah antara malaikat rahmat dan malaikat azab. Masing-masing mengklaim orang ini bagian dia. 
Malaikat rahmat berkata, "Orang ini sudah berazam untuk bertaubat". Malaikat azab menjawab, "Tapi kan belum sampai ke tujuannya".

Lalu Allah mengutus malaikat untuk menengahinya, lantas disuruh untuk mengukur jaraknya, mana yang lebih dekat, dari tempat berangkatnya atau ke tujuannya.

Setelah diukur, ternyata mayat itu lebih dekat hanya sejengkal kearah tujuannya. Maka orang itu menjadi bagian malaikat rahmat dan masuk surga.

Ciri orang takwa itu adalah suka bertaubat, "Dan apabila mereka terlanjur berbuat dosa kekejian atau menzhalimi dirinya, mereka ingat kepada Allah dan meminta ampun atas dosa-dosanya". QS Ali-Imran :135.

Bertaubatlah sebelum nyawa sampai di tenggorokan. Dan tentunya upayakan menjauhi dosa-dosa besar seperti: syirik kepada Allah, durhaka pada orangtua, membunuh orang, berzina dsb.

Jika engkau mendekat sejengkal, Allah akan mendekat sehasta
Jika engkau mendekat sehasta, Allah akan mendekat sedepa
Jika engkau berjalan menuju Allah, Allah akan berlari menuju engkau
Karena Allah adalah Maha Pengampun….


Peran Kementan soal impor sapi resmi dipreteli



Kementerian Pertanian secara resmi tidak lagi memiliki peran besar dalam tata niaga impor daging sapi. Nantinya, fungsi penentuan importir dan jatah setiap pengusaha kembali ke tangan Kementerian Perdagangan.
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi mengatakan, kebijakan ini merupakan keputusan rapat di Kemenko Perekonomian. Kementan sudah sepakat hanya akan menentukan kebutuhan impor dalam setahun.
"Seperti keputusan rakor di menko kita perlu menjalankan perubahan. Sudah ada perubahan fundamental dalam perizinannya, untuk rekomendasinya akan global diberikan Kementan, kemudian kemendag yang menentukan tata niaganya," ujarnya di kantornya, Kamis (18/7) malam.
Sistem ini berarti mengembalikan peran Kemendag seperti dua tahun lalu. Sejak 1 Oktober 2011, kendali impor daging paling besar berada di Kementerian Pertanian.
Berbekal Peraturan Menteri Pertanian No 50 tahun 2011, Kementan berhak menentukan kuota impor daging secara detail, termasuk jatah setiap perusahaan. Sementara sektor perdagangan hanya mengatur status importir terdaftar dan surat persetujuan impor.
Untuk tata niaga semester dua tahun ini, akan dijalankan sesuai aturan lama. Namun, prosesnya menurut Bachrul akan diiringi sedikit penyesuaian. Apalagi perizinan impor daging kini sudah dilakukan satu pintu, berpusat di Kemendag.
"Sementara ini proses impor masih yang lama, tapi ada perubahan sedikit, misalnya penentuan kebutuhan. Perdagangan akan memiliki porsi cukup besar berdasarkan permintaan pasar," ungkapnya.
Bachrul sekaligus menuturkan bahwa mulai 2014, kemungkinan besar kendali tata niaga sudah sepenuhnya berada di Kemendag. Dia menjanjikan proses tata niaga impor tidak akan kacau balau seperti tahun ini.

"Masa transisi sementara sampai Desember, mulai tahun depan kita akan melakukan reformasi," tegasnya.

Bersegeralah menuju surga | By: @tifsembiring

Written By PKS Deli Serdang on Jumat, 19 Juli 2013 | 7/19/2013

"Siapa suka minuman serbat
Tentu  jahe  bikin hangatnya
Siapa suka  lalaikan  shalat
Tentu neraka wail tempatnya."


“Dan bersegeralah kalian menuju ampunan Allah dan syurga-Nya yang seluas langit dan bumi, yang hanya diberikan kepada orang-orang bertaqwa” ~ QS Ali Imran: 133.

Dalam kitab sirah Nabawiyah, dikisahkan bahwa disuatu malam Ju'mat, seorang pemuda Madinah, yang ahli memanah bernama Hanzhalah menikah dengan seorang gadis Jamilah.

Merekapun mengadakan walimahtu ‘ursy, perhelatan, yang juga dihadiri oleh Rasulullah saw. beserta sahabat-sahabat yang lain.

Selanjutnya sebagaimana kebiasaan pengantin baru, setelah para tamu pulang, maka kedua mempelaipun masuk ke dalam rumah dan tentunya menikmati malam pertama mereka berdua.

Pada Jum’at paginya menjelang waktu Subuh, tiba-tiba rumah Hanzhalah diketuk oleh seorang sahabat yang membawa pesan bahwa Hanzhalah diminta segera menghadap Rasulullah saw.

Entah apa yang dilihat oleh Rasulullah saw, saat bertemu dengan Hanzhalah, sampai Nabi saw bertanya, “Apakah aku membuat engkau terburu-buru ya Hanzhalah". "Tidak ya Rasulullah", Jawab Hanzhalah.

"Kalau begitu, engkau kuperintahkan sekarang untuk membawa perlengkapan perangmu, berangkatlah, karena musuh sudah mendekati batas kota Madinah," kata Nabi saw.

"Labbaik, siap Ya Rasulullah", jawab Hanzhalah tanpa banyak tanya, karena sebagaimana ahli memanah, dia sudah memahami tugas-tugasnya.

Kemudian berlakulah takdir, ketentuan Allah swt atas Hanzhalah, dia syahid dalam peperangan itu.

Rasulullah saw sangat sedih mendengar kematian salah seorang ahli memanahnya. Namun kepada Nabi saw, Allah swt memperlihatkan suatu pemandangan luar biasa tentang Hanzholah yang kemudian diceritakan kepada isterinya Jamilah.

"Wahai Jamilah, aku diperlihatkan Allah swt, bahwa Hanzhalah tengah dimandikan oleh para malaikat di sebuah bejana yang terbuat dari emas. Ada apa dengan suamimu ya Jamilah?", ucap Rasulullah saw.

Sambil tersipu malu, Jamilah mengungkapkan, "Tadi waktu engkau suruh berangkat berjihad, Hanzhalah belum sempat mandi (junub) Ya Rasulullah".

Subhaanallah, kisah Hanzhalah yang kerap terngiang dalam ingatan. Karena sebenarnya, tidaklah makan waktu lama bagi seorang suami untuk menuntaskan keinginan biologisnya kepada sang isteri. Namun hal itu ditinggalkannya demi bersegera meraih ridho Allah swt dan Surga-Nya.

Bulan Ramadhan melatih kita untuk bersegera menuju syurga Allah swt. Bersegera berbuka saat adzan Maghrib tiba. Bersegera ke masjid saat menjelang waktu shalat. 

Bersegera mengkhatamkan Al-Qur’an. Bersegera membayarkan zakat fithrah dsb. Dan semua kesegeraan ini, insya Allah, akan mengantarkan kita ke surga, "jannatu naiim".


(antara)

Tiket Cawapres untuk Anis Matta
























“Pak Anis Matta cocok menjadi cawapres 2014 mengingat ada kesamaan dengan Mohammad Hatta, sebagai seorang administrator yang baik"     

  
Kalimat itu yang keluar dari pengamat politik Hanta Yudha dalam acara Gestur sebuah acara yang ditayangkan sebuah televise beberapa waktu lalu. Sang presenterpun nampaknya begitu kaget dengan wacana Hanta Yudha tentang dimunculkannya Anis Matta menjadi cawapres 2014. Lantas pertanyaannya,adakah peluang bagi Sang Presiden Partai ini membeli tiket cawapres ? Tentu ini memerlukan diskusi yang agak panjang. Akan tetapi melalui diskusi sederhana ini kita mencoba mengeksplorasi wacana Hanta Yudha itu.

Beberapa waktu lalu ada kabar Anis Matta dilirik sebagai cawapresnya Wiranto, Ketua Partai Hanura. Kalau berita itu benar, tentu tak terlalu mengagetkan publik, mengingat komunikasi politik antara Wiranto dan Anis Matta maupun Wiranto dengn PKS sebagai institusi sudah berlangsung cukup lama. Sejak sebelum Pilpres 2004 digelar silaturrahmi politik suah begitu intens. Di seputar Pilpres 2004 lalu sempat muncul opsi, mendukung Amien Raies atau memilih Wiranto. Dan keputusan akhir, PKS memberikan dukungan total untuk mengusung Amien Rais.

Dan menjelang pemilu 2013 yang diawali dengan beberapa Pilkada seperti Jabar, Sumut, kehadiran Anis Matta selalu runtang runtung dengan ketum Partai Hanura itu. Maklum dalam Pilgub jabar dan Sumut Hanura memberikan suaranya untuk kemenangan Akher dan Ganteng, yang keduanya merupakan kader inti PKS. Ada kesamaan pandangan antara Anis dan Wiranto ? Yang jelas ada hubungan emosional yang membekas sejak tahun 2004 lalu.

Di sebuah perhelatan di Surabaya, Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf melontarkan wacana “Anis Matta layak jadi Capres atau cawapres 2004”. Gus Ipul tentu dalam forum yang bermartabat itu tidak sedang berkelakar. Karena setiap kata – katanya akan menjadi rujukan bagi setiap simpatisannya, khususnya di Jatim. Wacana yang dilemparkan Gus Ipul tentu bukan main –main.Karena setiap penggal kata memiliki dampak dan resiko yang sangat besar khususnya sebagai bagian pengambil keputusan di daerah kaum santri itu.

Di acara Gestur TVone beberapa waktu lalu tiba –tiba Hanta Yudha membangunkan macan tidur PKS. “Anis Matta layak punya tiket cawapres 2014”, komentar hanta Yudha. Menariknya , wacana yang diangkat Hanta Yudha tidak nyambung dengan topik acara. Acara sebenarnya ingin menggiring Anis untuk menjawab tentang makna konspirasidalam pidato pelantikannya sebagai Presiden Partai. Dalam suasana ketidaksiapan terhadap wacana Hanta Yudha ini menjadi menarik. Hanta Yudha yang memposisikan diri sebagai pengamat saat itu tentu tidak sedang bermimpi, mengigau tanpa arti.Dengan disiplin ilmu yang dimiliki tentu memiliki segudang argumentasi prihal wacana tiket cawapres Anis Matta. Kini pertanyaannya adakah peluang tiket cawapres pada Anis Matta ?

Membicarakan capres dan cawapres tentu terlalu dini. Walau lembaga survey sudah merealese beberapa hasil surveynya dengan munculnya beberapa nama.Kita dan lembaga survey masih konsentrasi pada formasi RI 1. Bahkan di hadapan SBY beberapa nama sudah disodorkan nama –nama yang layak menjadi capres cawapres ? Masih belum.

Semua orang tentu masih bermimpi.Semua partai punya obsesi. Untuk mengantarkan kader terbaiknya ke pilpres 2014.Adakah Anis Matta punya celah ke arah sana ? Tentu hal ini tak mungkin dijawab secara instan.Sebab dapat dipastikan perubahan peta dan konstalasi politik terjadi setiap detik. Akan ada kejutan –kejutan baru menuju 2014.Setelah LHI dan Anas menjadi tersangka drama politik apa lagi yang akan kita saksikan di negeri ini. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok. Bisa - bisa suasana di PD semakin memanas setelah tidak ada Anas, bisa juga ARB kecebur lumpur Lapindo, atau apa lagi. Dan pertarungan partai menuju tiga besar semakin membuat para kader berdebar – debar.

Kini bola yang ditendang Hanta Yudha sudah menggelinding. Tinggal respon publik dan internal PKS. Jika Hanta Yudha sedang bermimpi, maka tugas kader PKS mengubahnya menjadi obsesi. Jika para kader sudah punya obsesi, harus mengubah menjadi energy. Energi akan menjadi sangat berarti bagi partai dengan melakukan upaya –upaya pemenangan. Disinilah makna terpenting ‘militansi kader’.Mampukah Anis memasuki mimpi Hanta Yudha ? Mampukah sang Orator mengubah obsesi menjadi energy yang teremplementasi ? Jawabnya adalah Pemilu 2014. JIka PKS benar –benar masuk 3 besar, tentu menjadi kekuatan yang sangat diperhitungkan. PKS punya daya tawar yang mengetarkan. Anis Matta akan begitu leluasa menggiring bola menuju gawang lawan.

Dimasmul Prajekan di Kompasiana [Fhoto : Arsip Tim Media DPD]

Di Mesir, Rakyatnya Pawai Besar Besaran Tolak Pemerintahan Ilegal

Written By PKS Deli Serdang on Kamis, 18 Juli 2013 | 7/18/2013


KAIRO - Rakyat Mesir melakukan pawai besar-besaran gruduk Dewan Kementerian sebagai protes atas "Pemerintah ilegal" yang baru saja membentuk kabinet (17/7) . Dengan membawa poster "No CC, Yes Morsi" mereka menuntut pembebasan Mohamed Morsi dan kembali ke kantor kepresidenan sebagai presiden yang sah.



















































via http://www.egyptwindow.net







PKS Usung Idris - Satrya Untuk Pemilukada Deli Serdang

Written By PKS Deli Serdang on Selasa, 16 Juli 2013 | 7/16/2013


Partai Keadilan Sejahtera resmi mengusung pasangan Muhammad Idris dan Satrya Yudha Wibowo untuk maju sebagai calon Bupati dan calon wakil Bupati kabupaten Deli Serdang periode 2014-2019.

Ketika Seratus Masjid Deli Serdang didatangi Tim Safari PKS dalam satu malam

Written By PKS Deli Serdang on Senin, 15 Juli 2013 | 7/15/2013




Deli Serdang - Sebanyak seratus Masjid lebih didatangi tim safari Ramadhan PKS tiap Kecamatan di Deli Serdang. Tim bertajuk Ansyitah ini dibentuk di tiap Dewan Pengurus Cabang PKS  se - DPD PKS Deli Serdang.

Dimulai tanggal 10 Juli Tim Ansyitah PKS masing masing DPC serentak menggelar Safari Ramadhan di tiap Masjid yang sudah dijadwalkan. Satu tim Ansyithah DPC bisa mengirimkan 7 tim Safari bahkan lebih dalam satu malam, untuk menyampaikan kajian seputar Ramadhan kepada jama’ah Shalat Isya dan Tarawih.

“Safari Ramadhan merupakan bagian dari program Ansyithah, selain itu ada Ramadhan Ceria, Sanggar Anak Soleh, I’tikaf 10 malam terakhir Ramadhan” Ungkap Mara Jaksa Harahap, Ketua DPD PKS Deli Serdang.


Lanjut Mara Jaksa “ Acara acara dari Kader PKS di bulan Ramadhan ini terkhusus ditujukan ke masyarakat. Baik acara yang terprogram, maupun yang spontan dibuat kader, semuanya untuk masyarakat Deli Serdang” tutup Mara Jaksa.

Para Napi Sesunggukan Mendapat Taushiyah Hidayat Nurwahid di Rutan Salemba

Written By PKS Deli Serdang on Minggu, 14 Juli 2013 | 7/14/2013


JAKARTA - Hidayat Nurwahid ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI ikut buka puasa bersama di Rutan Klas I Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (12/7). Pada buka puasa yang didukung Rumah Relawan serta komunitas Sedekah Harian tersebut Hidayat menyampaikan semangat dan pesan rohaninya kepada para penghuni Rutan. 
Selepas dijemput menggunakan motor, HNW menyisipkan pesan rohaninya bahwa, "Sebagai manusia, kita pasti punya kesalahan, namun bertobat dan lalu merubahnya menjadi kebaikan adalah yang menjadikan manusia luar biasa seperti halnya Umar Bin Khottab yang berubah yang akhirnya menjadi kholifah," ujar Hidayat menyemangati penghuni Rutan.

Taushiyah dan doa bersama dari ustadz Hidayat membuat para napi tak kuasa menahan air mata.





"Semangat Ramadhan Kader PKS" | by Cahyadi Takariawan













Oleh Cahyadi Takariawan
***

Wulan Romadhon ojo mung ongap angop, ngontak ngantuk, kethap kethip, tura turu, tingak tinguk, leda lede wae...

Semangaaaaaatttt !!! Kampanye, tandem, temu warga, rabthul am, silaturahim.....


"Semangat Ramadhan"

Dalam sejarah Islam, Bulan Ramadhan banyak diwarnai dengan beragam peristiwa kejayaan dan kegemilangan. Prestasi besar yang bisa diraih umat Islam generasi pertama, banyak diukir dan terjadi pada bulan Ramadhan. Di dalam buku “Ramadhaniyat” karangan Muhammad Sa’id Mursy dan Qosim Abdullah, dijelaskan di antara prestasi gemilang yang terjadi pada bulan Ramadhan itu:

1 Ramadhan 587 H

Penghancuran dan penguasaan kota Askalan, yang merupakan pintu masuk menuju kota Al Quds. Penghancuran dan penguasaan kota ini dilakukan oleh Shalahuddin al Ayyubi.

3 Ramadhan 825 H

Aksi pengepungan kota Konstantine oleh Sultan Murad II dari kekhalifahan Utsmaniyah di dalam rangka menaklukannya di dalam naungan Islam.

5 Ramadhan 362 H

Sultan Al Mu’iz Lidinillah Al Fatimi memasuki negara Mesir setelah beliau mengirim pasukan sebanyak 100.000 tentara, dibawah pimpinan panglima Jauhar ash Shiqili bulan Sya’ban 358 H tanpa perlawanan.

6 Ramadhan 223 H

Sultan Al Mu’tasdim seorang khalifah ‘Abasiyah, mengadakan pengepungan terhadap kota ‘Umuriyah’ yang merupakan benteng pertahan terkuat kerajaan Benzantiniyyah di Asia kecil.

7 Ramadhan 361 H

Peletakan pondasi pertama pendirian Mesjid al Azhar. Pada tahun 378 H fungsi mesjid berubah menjadi Universitas.

9 Ramadhan 222 H

Panglima al Afsyiin salah satu panglima perang Khalifah Abasiyah Al Mu’tasim bin Harun Ar Rasyid menaklukan kota Albadz.

17 Ramadhan 2 H

Pada hari ini kaum muslimin dibawah pimpinan Nabi Muhammad s.a.w., berhasil mengalahkan pihak musyrikin di dalam perang Badar. Terhitung 70 mati dan 70 tertawan dari pihak kaum musyrikin.

19 Ramadhan 1213 H

Pada hari ini Napoleon Bonaparte beserta pasukannya, melakukan ekspansi ke Mesir di Giza, usaha ini mengalami kegagalan.

20 Ramadhan 8 H

Rasulullah s.a.w. keluar bersama 10 ribu pasukan perang dari kaum muhajirin dan Anshor menuju Mekkah, untuk membebaskan mereka dari kemusyrikan.

21 Ramadhan sebelum Hijriyah

‘Uzlah atau upaya pengasingan diri Rasululah s.a.w. pada saat beliau mendekati usia 40 tahun di gua Hira gunung Rahmah, sekitar dua mil dari kota Mekkah. ‘Uzlah yang menandai perubahan mendasar di dalam perjuangan Rasulullah s.a.w. ke depan.

25 Ramadhan 658 H

Perang Ain Jalut yang terjadi antara kaum muslimin dan tartar, perang besar di dalam sejarah Islam. Kaum tartar mampu menguasai banyak daerah Islam dan menjatuhkan Khilafah Abbasiah. Peperangan berakhir dengan kemenangan kaum muslimin.

28 Ramadhan 92 H

Kisah kemenangan kaum muslimin pada hari ini, dimulai dengan persiapan Musa bin Nashir dengan pasukan dari Arab dan Barbar, yang jumlahnya mencapai 7 ribu tentara di bawah kepemimpinan Thoriq bin Ziyad untuk menaklukkan wilayah Andalus.

Demikian berbagai prestasi umat Islam pada generasi awal, yang banyak dilakukan pada bulan Ramadhan. Puasa, tidak menjadi halangan berarti di dalam mengukir sejarah dan peradaban umat Islam masa silam.

Gelombang Massa Pro Mursi Diluar Prediksi, Militer Tersentak!


KAIRO - Beberapa jam setelah dimulainya aksi Jum'atuz-Zahf(12/7), jutaan gelombang massa pro legitimasi Mursi dan kembalinya massa revolusi kejalan-jalan seluruh provinsi Mesir, jumlah demonstran meingkat drastis. Di Rabea el Adawea jumlah demonstran mencapai 3 juta, di Nahda Square, Ramsis Square dan Giza Square mencapai 4 juta demonstran. Sementara di berbagai provinsi juga terjadi aksi gelombang besar massa menolak kudeta yang turun pada pertengahan malam, beberapa  saat setelah Tarawih.

Reaksi ini -sebagaimana dilansir kantor berita 'Siang Malam' Mesir- membuat petinggi-petinggi militer dan kementrian Dalam Negeri tersentak  kaget karena jumlah demonstran yang sangat besar melebihi prediksi awal. Adapun prediksi sebelumnya dengan kondisi suhu panas bulan puasa akan mampu menekan jumlah demonstran dan mengurangi gelombang massa dari berbagai provinsi datang ke Kairo.

Namun kenyataan di lapangan bertolak belakang dari perkiraan awal. Massa tumpah ruah di berbagai tempat, di Rabea el Adawea, Nahda Square dan Giza Square. Ditambah lagi setelah demonstran berhasil menduduki Ramsis Square, jantung transportasi Kairo. Ramsis merupakan kawasan pusat terminal yang menghubungkan beberapa kawasan di Ibukota dan juga pusat transportasi ke luar Kairo. Berhasilnya demonstran menguasai Ramsis dalam hitungan menit ini menyebabkan lalu lintas lumpuh total.

Hal ini mendorong militer mencetak ribuan selebaran berisi sanjungan kepada para pemuda gerakan Islam atas perhatian besar mereka pada stabilitas negara. Para demonstran diminta untuk pulang ke rumah masing-masing namun siapa yang ingin bertahan maka akan dijamin keamanannya.

Sementara itu Washington meminta agar presiden Mursi dibebaskan, demikian juga kemenlu Jerman juga menyerukan hal yang sama. (twsela/chan)

*http://www.sinaimesir.net/2013/07/gelombang-massa-diluar-prediksi-militer.html

Demonstran Pro Mursi Luncurkan TV "Ahrar 25"

Setelah penutupan paksa beberapa chanel TV Islam oleh penguasa transisi pasca kudeta terhadap presiden terpilih Dr. Muhammad Mursi beberapa waktu lalu, demonstran Pro Mursi yang berpusat di Rabea el Adawea akhirnya meluncurkan chanel TV baru bernama "Ahrar 25" yang dipancarkan melalui frekuensi 10873 pada Nile Sat.

Sebagaimana dinyatakan oleh pihak pengelola chanel ini akan menjadi corong baru demonstran Rabea el Adawea menghadapi pengaburan media. Ahrar 25 akan meliput langsung setiap aktivitas demonstran melawan kudeta militer.

Peluncuran chanel TV baru ini mendapat sambutan meriah dan suka cita demonstran Rabea el Adawea. Karena keberadaan chanel ini menjadi penyambung suara mereka ke publik yang sebelumnya dibredel.

Pasca kudeta 3 Juli lalu pihak kepolisian menutup paksa beberapa chanel TV Mesir yang pro Presiden Mursi, menangkap puluhan kru dan wartawan serta menekan beberapa chanel Arab seperti Aljazeera dan lainnya agar tidak meliput demonstrasi melawan kudeta. Terputusnya akses ini membuat demonstran berinisiatif merekam secara manual dan menyebarkan melalui You Tube. Beberapa chanel Arab yang terus menyiarkan liputan langsung demonstrasi Rabea juga tak luput dari gangguan jaringan.

Demonstran Rabea el Adawea kemarin juga telah mengumumkan peluncuran radio lokal "Hona Rabea FM" yang mampu menjangkau beberapa kawasan di Kairo. [chan]

*http://www.sinaimesir.net/2013/07/demonstran-pro-mursi-luncurkan-tv-ahrar.html

Tarawih Malam Perdana Gubernur Sumatera Utara

Written By PKS Deli Serdang on Rabu, 10 Juli 2013 | 7/10/2013



Medan - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi melaksanakan Shalat Tarawih perdana di Masjid Musabbihin, Kompleks Taman Setiabudi Indah II, Medan, Selasa (9/7) malam. Gubsu juga menjadi khatib Tarawih, kegiatan rutin yang sudah dilakukannya selama 5 tahun terakhir di kompleks ini.

Ribuan umat muslim terlihat tumpah ruah memadati masjid yang berada di Komplek Taman Taman Setia Budi Indah 1, yang merupakan kawasan tempat tinggal Gubsu selama 5 tahun mendiami rumah dinas di Blok RR. Di Malam Tarawih perdana tersebut, Gubsu bertindak sebagai khatib atau penceramah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sudah 5 tahun terakhir mengisi tausyiah Tarawih di masjid ini jadi agenda rutin Gubsu setiap Ramadhan tiba. Dalam ceramahnya, Gubsu mengajak jamaah menjadikan Bulan Ramadhan sebagai momen positif untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Ramadhan, lanjut Gubsu adalah sebuah bulan yang menjanjikan dan dijanjikan kepada semua kita Surga balasan bagi orang yang berpuasa. "Awal Ramadhan ini, saya ingin mengajak kita menilai diri dan merenungkan soal sudah layakkah kita menjadi penghuni surga?," katanya membuka renungan.

Karena, lanjut Gubsu bahwa jangan dilihat seorang yang datang ke masjid dari jabatannya baik itu Gubernur, Walikota dan Menteri tapi lihatlah seorang itu ketika datang ke masjid menjadi ciri-ciri calon penghuni surga. "Karena sekali lagi yang membedakan seseorang di hadapan Allah SWT bukanlah posisi atau jabatan, tapi karena keimanan dan ketaqwaannya," ujarnya.

Gubsu juga mengkisahkan tentang seseorang yang bernama Abdulah Bin Salam, seorang yahudi yang mengimani islam ketika pertama kali Rasulullah hijrah ke Madina. "Ternyata Salam tertarik pada islam adalah seruan rasulullah saat pertama kali tiba di Madina.

Dan salam itu kini luas artinya, bisa memberi makan kepada orang yang kelaparan, menyambung Silaturahim dan melaksanakan Shalat malam hari ketika yang lain tertidur. Kalau semua itu dilakukan dengan kesolehan pribadi dan kesolehan sosial, maka insyaallah di akhir kehidupan pastikan kita salah satu penghuni surga," ajaknya.


Usai memberikan ceramah, Gubsu mengikuti shalat tarawih sebelas rakaat . Di akhir shalat Tarawih Gubsu juga menyempatkan bersilaturahim dengan para jamaah dan menandatangi beberapa buku tuntunan shalat para siswa. Sebelum melaksanakan shalat isya dan Tarawih, pada sore harinya Gubsu menyempatkan ziarah ke makam mertuanya di kawasan Amplas.

Fhoto : Muhammad Aulia Rahman / Tim Humas DPD

Bulan Ramadhan, Kuatkan Keharmonisan Keluarga

ilustrasi - www.highlightskids.com
Oleh : Cahyadi Takariawan 

Ramadhan telah tiba. Bagi keluarga muslim, ini adalah momentum yang sangat istimewa. Ada banyak sekali nilai Ramadhan yang akan membawa pengaruh positif bagi diri dan keluarga. Oleh karena itulah, secara umum tampak kesungguhan masyarakat di Indonesia dalam menyambut kedatangan Ramadhan maupun Iedul Fithri nantinya.
Perhatikan beberapa momentum Ramadhan berikut, yang jika dikelola dengan baik, akan bisa menguatkan keharmonisan keluarga.

1. Menyiapkan Keluarga Memasuki Ramadhan
Di antara tradisi yang kami miliki dalam keluarga adalah mengadakan pertemuan keluarga menjelang Ramadhan. Pertemuan keluarga ini bisa kami lakukan kapan saja, namun setiap menjelang Ramadhan pasti kami melakukannya. Saya, isteri dan semua anak-anak berkumpul, dan membahas agenda serta target selama Ramadhan. Hal ini untuk menyiapkan semua anggota keluarga untuk memasuki Ramadhan.

Kami menyusun rencana dan target Ramadhan bersama keluarga, dan berusaha merealisasikannya dengan kesungguhan. Menjelang Ramadhan kami berkumpul dan membahas berbagai kegiatan serta target untuk seluruh anggota keluarga. Seperti target khatam Al Qur’an, tambahan hafalan Al Qur’an, target membaca buku, serta berbagai kegiatan lainnya. Kami juga biasa membuat “janji Ramadhan” yang ditulis dan ditempel di dinding rumah, gunanya untuk menyemangati dan mengingatkan target masing-masing.

Di garasi rumah kami setiap Ramadhan selalu digunakan untuk tempat tarawih anak-anak kampung. Di pertengahan Ramadhan kami selenggarakan aneka lomba untuk anak-anak. Dalam pertemuan keluarga tersebut, kami bahas aneka kegiatan seperti sebuah rapat kepanitiaan. Dengan pertemuan ini, semua anggota keluarga sudah terkondisi untuk memasuki Ramadhan dengan penuh kesiapan hati.

2. Buka Bersama Keluarga
Tentu kita memiliki sangat banyak agenda buka bersama. Ada buka bersama bersama instansi atau lembaga tempat bekerja, ada buka bersama tetangga dan lingkungan, ada buka bersama anak yatim, ada buka bersama teman-teman alumni, dan seterusnya. Namun ada hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu buka bersama seluruh anggota keluarga. Jangan habiskan waktu buka bersama di luar bersama orang lain, sampai tidak sempat menikmati buka bersama keluarga.

Agenda yang satu ini sangat saya nikmati. Untuk itu saya selalu menyempatkan untuk melakukan “ritual” buka bersama keluarga, selagi saya bisa. Saya selalu mengusahakan pulang ke rumah menjelang maghrib, agar bisa menikmati hidangan buka puasa yang disiapkan dengan penuh cinta. Kehangatan dan keceriaan selalu mewarnai suasana buka bersama keluarga, apalagi ketika sedang berkumpul semua anggota keluarga.

Tidak mesti ke restoran atau rumah makan untuk melakukan jamuan buka puasa bersama keluarga, karena kadang justru mengurangi nilai spiritualnya. Justru nyaman dan berkesan ketika kita bisa bersama-sama menyiapkan hidangan di rumah, untuk dinikmati bersama. Ketika sudah selesai, bisa membersihkan dan membereskan bersama-sama pula.

Bisa pula kita agendakan buka puasa keluarga bersama anak-anak yatim atau anak-anak dhu’afa. Dengan demikian sekaligus melatih kepedulian sosial pada anak, dan akan membuat keluarga memiliki empati terhadap persoalan sosial di sekitarnya.

3. Tarawih Bersama Keluarga
Salah satu tuntunan sunnah dalam bulan Ramadhan adalah melaksanakan shalat tarawih. Pelaksanaan shalat tarawih, bisa dilakukan sendiri-sendiri, bisa pula dilakukan berjama’ah. Pada praktek di jaman kita, shalat tarawih telah menjadi menu utama di setiap masjid dan mushalla, untuk mengajak dan membiasakan masyarakat melaksanakannya.

Hendaknya kita mengagendakan untuk melaksanakan shalat tarawih bersama keluarga di rumah, ataupun di suatu masjid. Ada teman yang memiliki tradisi rutin, setiap bulan Ramadhan –walaupun hanya sekali– selalu menyempatkan mengajak semua anggota keluarga ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk mengikuti shalat tarawih, padahal teman ini rumahnya di Yogyakarta. Hal ini ia lakukan karena memiliki kenangan manis dan indah bersama keluarga di Masjid Istiqlal, dan mereka ingin selalu mengenangnya.

Tentu saja tidak harus mengunjungi masjid yang jauh dan memerlukan biaya. Untuk melaksanakan shalat tarawih bersama keluarga, kita bisa melakukannya di rumah. Saya biasa mengajak isteri dan anak-anak untuk melakukan shalat tarawih bersama di rumah, beberapa kali dalam sebulan. Selebihnya mengikuti kegiatan bersama masyarakat sekitar. Imam shalat tarawih bisa dipergilirkan, kadang saya menjadi imam, kadang anak lelaki tertua saya yang menjadi imam.

Hal semacam ini akan semakin menambah kekokohan spiritual keluarga, yang akan menguatkan pula ikatan cinta dan kasih sayang sesama anggota keluarga.

4. Khataman Qur’an Bersama Keluarga
Salah satu aktivitas masyarakat selama Ramadhan adalah memperbanyak membaca dan mengkaji Al Qur’an. Masyarakat muslim percaya bahwa membaca Al Qur’an itu bagian dari ibadah dan berpahala, serta bisa melembutkan hati dan jiwa. Apalagi ketika dilakukan di bulan Ramadhan, nilai keberkahannya semakin  bertambah. Banyak masyarakat yang melakukan tadarus ini di masjid atau mushalla dan mengkhatamkan bersama-sama jama’ah lainnya. Saya memiliki tradisi target khatam Qur’an bersama keluarga. Berapa kali khatam, disepakati dalam pertemuan keluarga menjelang Ramadhan.

Keluarga kami sudah memulai puasa hari Selasa 9 Juli 2013, sesuai keputusan Takmir Masjid kampung tempat kami tinggal. Hari ini memasuki hari kedua berpuasa. Kami memulai khataman semenjak Selasa 8 Juli setelah shalat Maghrib. Sampai dengan pagi ini, saya masuk juz 5, isteri saya masuk juz 3, anak perempuan sedang haid sehingga belum memulai khataman, anak ketiga yang sekolah SMA masuk juz 8, anak keempat sekolah SMP masuk juz 11, anak kelima sekolah SD masuk juz 2, dan anak keenam sekolah TK baru belajar Qiro’ati.

Kami memiliki lembar checking harian untuk mengetahui perkembangan bacaan Qur’an masing-masing anggota keluarga. Bukan hanya anak-anak yang dicheck, kami selaku orang tua juga dicheck perkembangan bacaannya.

5. Sahur Bersama Keluarga
Sahur bukan semata-mata peristiwa makan, namun sahur adalah bagian dari pelaksanaan tuntunan Nabi. Acara sahur seringkali tidak semeriah acara buka puasa. Sahur dilakukan dini hari menjelang Subuh, yang pada waktu itu sebenarnya bukan waktu yang enak untuk makan. Itu adalah waktu yang enak untuk tidur dan bermimpi. Maka sahur seringkali menjadi terasa berat bagi anak-anak.

Orang tua harus mengkondisikan anak-anak agar bisa bersemangat bangun di waktu sahur, dan usai sahur bersiap menunaikan shalat Subuh di masjid terdekat. Salah satu upaya membuat anak-anak bersemangat bangun di waktu sahur adalah dengan menyiapkan menu favorit mereka, serta membuat kesepakatan dibangunkan pada jam berapa. Dengan kesepakatan ini, semua keluarga sudah bangun pada jam yang disepakati, dan bersiap menikmati santapan sahur.

6. Kegiatan Bersama Keluarga
Saya memiliki keinginan bisa umrah bersama keluarga di bulan Ramadhan, namun hal ini belum kesampaian, karena memang urusannya tidak sederhana. Umrah memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi untuk keluarga besar seperti saya. Jika belum mampu melakukan umrah bersama keluarga, masih sangat banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga selama Ramadhan.

Mengunjungi Majelis Ilmu bersama keluarga, merupakan aktivitas yang sangat positif dan membawa kebaikan bagi semua. Mengadakan kegiatan bazar atau bakti sosial di lingkungan terdekat bersama keluarga, juga merupakan aktivitas yang bermanfaat bukan hanya begi keluarga, namun juga bagi masyarakat.  Silaturahim kepada saudara atau kerabat, juga merupakan aktivitas mulia dan sesuai tuntunan agama.

Intinya, manfaatkan waktu Ramadhan bersama keluarga. Jangan biarkan Ramadhan berlalu begitu saja tanpa aktivitas yang optimal untuk menambah kebaikan diri dan menguatkan keharmonisan keluarga. Harus ada upaya sadar dan terprogram untuk mewujudkannya.
Selamat memasuki Ramadhan bersama keluarga, masyarakat dan bangsa. Semoga ibadah kita sepanjang Ramadhan bisa menambah kebaikan diri, keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia. Aamiin.
 
PKS Deli Serdang - Theme by Maskolis - Edited by DWM